Curiga....beberapa hari ini anak saya Zacky kelihatannya lesu loyo padahal sudah dikasih ramuan anti loyo he lho kok tetep loyo.
Ehm pasti ada yang salah nih !

Ok coba cari-cari sign n symptoms dengan gejala yang dialami mas zacky ini.
Ketemu gejala yang lebih mendominasi kearah cacingan.Ini dia ilmunya .....

Cacingan adalah salah satu penyakit yang tergolong tinggi kejadiannya di Indonesia. Siapapun bisa terinfeksi bila pola hidupnya kurang higienis. Cacing bisa masuk ke dalam tubuh anak-anak lewat makanan yang pengolahannya tidak betul. Misalnya, sayuran yang tidak dicuci bersih atau daging yang dimasak kurang matang. Cacing juga bisa masuk lewat pori-pori kulit, jika anak sering main tanah dan kotor-kotoran tanpa mencuci tangan sesudahnya. Obat cacing hanya diberikan apabila anak diduga menderita cacingan.

Tanda-tanda anak cacingan adalah :

  • kurus namun berperut buncit
  • berat badan tidak naik meskipun nafsu makan baik
  • anak gelisah di malam hari dan suka menggaruk bokongnya
  • gangguan lambung dan usus seperti mulas dan diare berkala
  • anak terlihat lesu dan tidak bergairah
  • demam yang hilang timbul

Cacing akan menyerap zat gizi dalam tubuh dan membuat kurus anak yang diserang. Tanda pasti untuk cacingan adalah ditemukannya telur atau larva cacing di dalam pemeriksaan feses. Namun perlu diperhatikan bahwa obat cacing hanya diberikan untuk mereka yang memang mengalami cacingan. Obat cacing tidak digunakan sebagai pencegah.

Pada anak usia 1 tahun, obat cacing hanya diberikan sesuai dengan indikasi yaitu terdapat tanda anak cacingan dan didukung dengan pemeriksaan feses yang positif. Menurut saya, anak ibu tidak terlalu khas tandanya untuk cacingan. Saya sarankan untuk membawa anak ibu ke dokter apabila memang peningkatan berat badannya di bawah normal atau memiliki tanda-tanda yang saya sebutkan di atas.

Untuk pencegahan cacingan, ajari anak-anak untuk selalu mencuci tangannya sehabis bermain kotor-kotoran, terutama tanah. Untuk orang tua, cucilah sayuran di air mengalir dan masaklah daging hingga benar-benar matang. Sekian, semoga membantu. (TRH)

Diposting oleh SUPER HERBALIS Sabtu, 23 Januari 2010

0 komentar

Posting Komentar

Subscribe here